Bentangkan Bendera Merah Putih Di Bawah Laut, Kodam XIII/Mdk Pecahkan Rekor MURI

Redaktur / Editor author photo
Pangdam XIII terima penghargaan Rekor Muri @2019, Dispenad/red
Koinrakyat.com - Tim Kodam XIII/Mdk pimpinan Danrem 131/Santiago, Brigjen TNI Joseph Robert Giri berhasil memecahkan rekor MURI tahun 2014, setelah membentangkan bendera Merah Putih raksasa di bawah laut kawasan Pantai Malalayang, Manado.

Hal tersebut disampaikan Kapendam XIII/Merdeka, Kolonel Kav M. Jaelani, dalam rilis tertulisnya di Manado, Sulawesi Utara, Jumat (16/8).

Diungkapkan Kapendam, pembentangan bendera Merah Putih dengan panjang 500 meter, lebar 6 meter di Pantai Boboca yang berada di kawasan Malalayang, pada Kamis (15/8) ini, dilaksanakan dalam rangka menyambut HUT ke-74 Kemerdekaan RI.

"Sekaligus untuk memecahkan rekor sebelumnya yang pernah dilaksanakan di Mamuju, Sulawesi Barat pada 2014 silam," ujarnya.

Berkenaan dengan kegiatan itu, Jaelani mengatakan bahwa Tim Kodam yang dipimpin Danrem 131/Santiago itu melibatkan 26 kapal yang membawa 300 siswa-siswi. 

"Dalam aksi yang disaksikan ribuan masyarakat, termasuk Forkompimda (Sulut), mereka bertugas untuk menyerahkan bendera merah putih terbesar itu kepada personel yang menyelam di dalam laut," terangnya.

Awalnya, lanjut dia, Brigjen Joseph Giri dan Tim-nya, sedikit mengalami kesulitan akibat arus yang cukup kencang di dasar laut.

"Jumlah personel yang terbatas (74 orang), ditambah dengan bendera yang besar dan berat, maka pembentangan bendera itu semakin sulit," jelas Jaelani. 

Namun dengan ketahanan fisik yang terlatih, sambung M Jaelani, tim bisa melakukannya.

"Tapi berkat ketahanan fisik yang terlatih, ditambah kekompakkan serta kerja sama yang baik, tugas ini dapat diselesaikan," tegasnya.

Terpisah, setelah menerima penghargaan dari MURI, Pangdam XIII/Merdeka menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya Selam Kebangsaan yang telah memecahkan Rekor MURI itu.

Menurutnya, selain sebagai sarana komunikasi sosial, kegiatan itu juga untuk memasyarakatkan olahraga selam kepada warga Sulut.

"Bagaimanapun juga, salah satu ikon pariwisata Kota Manado dan Provinsi Sulawesi Utara adalah keindahan taman lautnya," terangnya.

"Kemudian dengan kegiatan ini, mari kita ambil hikmahnya dan renungkan bersama jerih payah para pahlawan pendahulu bangsa," tambahnya.

Sementara itu, selain mengucapkan terima kasih kepada Kodam XIII/Mdk, Gubernur Sulut, Olly Dondokambey yang turut menyaksikan kegiatan itu menyampaikan bahwa kondisi Pantai Manado  sangat cocok untuk penyelaman bersama dengan jumlah peserta sangat banyak.

"Atas nama Pemerintah Daerah dan masyarakat Sulut, Gubernur mengucapkan terima kasih atas peran serta Kodam XIII/Merdeka pada kegiatan penyelaman di Pantai Manado ini," tuturnya.

Masih ditempat yang sama, Wakil Direktur MURI, Osmar Semesta Susilo mengatakan, pembentangan bendera dalam menyambut HUT ke-74 Kemerdekaan RI ini  telah memecahkan rekor sebelumnya di Mamuju, Sulbar. 

"Yakni sepanjang 69 meter. MURI hari ini dengan bangga memberikan piagam penghargaan atas rekor pembentangan bendera Merah Putih terbesar di bawah laut," pungkas Osmar.

Adapun Tim yang dipimpin Brigjen TNI Joseph Giri itu berasal dari Makodam XIII/ Merdeka, Korem 131/ Santiago dan Yonif Raider 712/Wiratama. [Dispenad/red]
Komentar Anda

Terima kasih sudah berkomentar di Media Online Mitra Pers. Saran dan kritikan anda akan menjadi acuan untuk kemajuan media ini.

Berita Terkini