Satgas Yonif 514 Ajari Hidup Sehat Warga Karubate

Redaktur / Editor author photo
Personil Satgas Pamtas RI-PNG Yonif R 514 Cuci Tangan Anak-anak Di Kampung Karubate @2019, red
Koinrakyat.com - Agar terhindar dari berbagai penyakit, Satgas Pamtas RI-PNG Yonif R 514, ajari warga Kampung Karubate, khususnya anak-anak dan remaja cara mencuci tangan yang baik.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif R 514/SY, Mayor Inf Danang Biantoro, S.I.P, M.Si, dalam rilis tertulisnya di Puncak Jaya, Papua, Rabu (17/7).

Diungkapkan Danang, salah satu cara sederhana untuk menjaga kesehatan adalah dengan mencuci tangan yang baik dan benar. Karena menurutnya, hal ini sebagai langkah awal untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat. 

Untuk itu, lanjut Danang, Tim Kesehatan Satgas dibawah pimpinan Komandan Peleton Kesehatan (Dantonkes) Letda Ckm Rahmat, menggelar penyuluhan tentang tata cara mencuci tangan yang baik dan benar, kepada warga Kampung Karubate, Distrik Muara, Kabupaten Puncak Jaya, Minggu (14/7).

"Kegiatan ini kita prioritaskan bagi anak-anak, karena budaya mencuci tangan harus diterapkan sejak dini agar terbiasa hingga dewasa," katanya. 
      
"Ini sangat penting, agar menjadi kebiasaan dalam menerapkan pola hidup sehat, dengan begitu kesehatan mereka pun akan terjaga dan tidak mudah sakit," tegasnya.

Danang menjelaskan, kegiatan tersebut berangkat dari inisiatif personel Satgas yang melihat anak-anak di sekitar Pos Kotis, tidak mencuci tangan usai selesai bermain.

Saat ditanya, ujarnya, mereka tidak tahu kapan dan bagaimana cara mencuci tangan yang baik dan benar. 

"Itu salah satu hal yang mendorong kita (Satgas) memberikan pengetahuan cara mencuci tangan yang baik dan benar, sekaligus kapan mereka harus cuci tangan," imbuhnya.

Sementara itu, Letda Ckm Rahmat menyampaikan, selama kegiatan berlangsung, Ia bersama timnya memperagakan tata cara mencuci tangan yang benar kepada anak-anak.

"Kami mengajarkan caranya mencuci tangan dengan urut-urutan yang benar, sambil diselingi permainan supaya tidak membosankan," ujarnya. 

Atas terselenggaranua kegiatan ini, David Enumbi sebagai tokoh masyarakat sekaligus Bapak Gembala Gerja GIDI Kampung Karubate, mengaku sangat senang dengan kegiatan yang dilakukan.

"Terima kasih, ini bentuk perhatian yang luar biasa anggota Satgas terhadap kesehatan warga disini, terlebih pada anak-anak kami," terangnya. [red]
Komentar Anda

Terima kasih sudah berkomentar di Media Online Mitra Pers. Saran dan kritikan anda akan menjadi acuan untuk kemajuan media ini.

Berita Terkini