Pelajar Diminta Berani Merintis Usaha Kepariwisataan

Rinaldi Aulia / KJN-RA author photo
Peserta @2019, KJN-RA
Koinrakyat.com - Para pelajar di Kota Langsa diminta untuk tidak bercita-cita menjadi buruh atau karyawan, namun harus berani merintis usaha dibidang kepariwisataan.

Hal ini disampaikan oleh  Asisten II Bidang Pembangunan dan Ekonomi Setda Kota Langsa Drs H Abdullah Gade, M.Pd saat membuka acara Pelatihan dasar SDM Kepariwisataan bagi siswa Goes To School, bertempat di Aula Hotel Kartika Langsa, Sabtu (27/7).

"Melalui pelatihan ini peserta agar bisa membaca peluang dan berani merintis usaha di bidang kepariwisataan. Jangan pernah bercita-cita menjadi buruh atau karyawan, tetapi ciptakan kreatifitas dan inovasi sehingga mampu hidup lebih baik dan bermartabat," katanya.

Menurutnya, sektor pariwisata akan membangkitan ekonomi dengan bertumbuhnya ekonomi kreatif yang kebanyakan pelakunya anak-anak muda, seperti: fotografi, film, advertising, tata busana, tata boga, pemandu wisata, EO, dan lain-lain.   

Diakuinya, memang ada sedikit pesimisme terkait kemampuan anak-anak muda merebut peluang kebangkitan ekonomi Indonesia. Hal tersebut salah satunya disebabkan oleh format pendidikan yang menurutnya kurang tepat.

Sambungnya, di Indonesia, sejak TK sampai SMA/SMK anak disibukkan dengan belajar dan ujian. Pada tingkat perguruan tinggi selain belajar dan ujian, barulah mengenal manajemen diri, eksplorasi lingkungan, menemukan dan mengembangkan passion/bakat, merancang karir masa depan, dan membangun serta mematangkan core skill.

Karena, sambungnya, ini sangat berbeda dengan format pendidikan di negara maju. Di tingkat TK anak belajar manajemen diri, tingkat SD belajar eksplorasi lingkungan, tingkat SMP menemukan dan mengembangkan passion/bakat, tingkat SMA merancang karir masa depan, dan tingkat perguruan tinggi membangun dan mematangkan core skill.

Abdullah Gade juga mengajak para peserta untuk megeksplorasi rasa ingin tahu tentang dunia kepariwisataan. Ciptakan suasana pelatihan yang dinamis, interaktif, dan produktif sehingga pengetahuan kalian tentang kepariwisataan semakin bertambah, pesannya.

"Mudah-mudahan pelatihan ini dapat memotivasi dan menginspirasi kalian untuk mau mencintai dan bekerja di sektor pariwisata," imbuhnya.

Sebelumnya, panitia pelaksana Riza Muntasir menambahkan, pelatihan SDM Kepariwisataan ini merupakan amanat dari Kementerian Pariwisata RI dalam rangka peningkatan SDM khususnya bagi pelajar/siswa di Kota Langsa.

Kegiatan pelatihan SDM Kepariwisataan ini, katanya, bertujuan untuk membentuk sumber daya manusia yang berkualitas, yang mampu memahami akan pentingnya pengembangan pariwisata, baik dalam mempromosikan, kesadaran akan pariwisata, dan lain sebagainya.

Kegiatan ini diikuti oleh 190 orang peserta terdiri dari pelajar/siswa dan komunitas pariwisata yang ada di Kota Langsa. [KJN-RA]
Komentar Anda

Terima kasih sudah berkomentar di Media Online Mitra Pers. Saran dan kritikan anda akan menjadi acuan untuk kemajuan media ini.

Berita Terkini