Kasdam XVI Cek Kondisi Dan Fasilitas Pengungsi Korban Gempa

Redaktur / Editor author photo
Kasdam XVI Saat Mengecek Kondisi Pengungsi Korban Gempa Halmahera @2019, Dispenad/red
Koinrakyat.com - Kepala Staf Kodam (Kasdam) XVI/Pattimura, Brigjen TNI Asep Setia Gunawan, S.IP, melakukan peninjauan dari udara untuk mengecek kondisi dan fasilitas para pengungsi korban gempa Halmahera Selatan (Halsel).

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Penanggulangan Bencana Alam (Gulbencal) Kodam XVI/Ptm, Kolonel Inf Endro Satoto, S.IP, MM, dalam rilis tertulisnya di Gane Selatan, Kabupaten Halsel, Jumat (26/7).

Diungkapkan Dansatgas Gulbencal, menggunakan helikopter EC-155 Dolphine, Kasdam didampingi Perwira Ahli Kodam, Waasintel dan Dandim 1509/Labuha bertolak dari Posko Mobile Desa Saketa menuju lokasi pengungsian di Desa Gane Luar.

"Di sepanjang perjalanan, Kasdam juga memantau kondisi perkampungan yang terdampak bencana alam dari udara hingga akhirnya landing di Desa Gane Luar dan disambut Danyonif RK 732/Banau, Mayor (Inf) Rully Eko," ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, Kasdam beserta rombongan kemudian meninjau posko, tempat pelayanan medis hingga rumah-rumah yang roboh akibat gempa, sekaligus menerima laporan dari Danposko perihal seluruh tahapan yang telah dilaksanakan dalam penanggulangan bencana.

"Pimpinan ingin memastikan seluruh pengungsi yang terdampak gempa di daerah itu telah mendapatkan bantuan, khususnya bantuan bahan makanan, obat-obatan dan tenda," jelasnya.
"Beliau (Brigjen TNI Asep Setia Gunawan) mengapresiasi kinerja Satgas yang melakukan gerak cepat serta melakukan manajemen pendistribusian logistik secara efisien dengan memanfaatkan seluruh potensi transportasi serta membuat kantong-kantong pendistribusian yang digelar di beberapa titik dan proses distribusi berjalan dengan lancar," ucap Danrem 152/Baabullah ini.

Endro Satoto menuturkan, kedatangan Kasdam ini guna memastikan seluruh pelaksanaan penanggulangan bencana berlangsung secara lancar, mengingat ini merupakan misi kemanusiaan dengan tingkat kesulitan dan tantangan cukup tinggi, khususnya dihadapkan dengan karakteristik geografis.

Kasdam juga berpesan agar seluruh personel Satgas untuk proaktif mengetahui apa saja yang diperlukan oleh para pengungsi baik berupa logistik, pelayanan kesehatan hingga penyembuhan trauma, sehingga seluruh proses penanggulangan bencana ini tepat sasaran.

"Kita optimis dengan mengerahkan seluruh potensi yang ada kita bisa menjangkau seluruh tempat secara maksimal dalam rangka membantu saudara-saudara yang sedang kesulitan akibat bencana alam gempa bumi di Halsel," pungkasnya. [Dispenad/red]
Komentar Anda

Terima kasih sudah berkomentar di Media Online Mitra Pers. Saran dan kritikan anda akan menjadi acuan untuk kemajuan media ini.

Berita Terkini