Dandim 0104/Atim : Lima Manfaat Lari yang Sayang untuk Dilewatkan

Rinaldi Aulia / KJN-RA author photo
Personel Kodim 0104/Aceh Timur Berlari Bersama Dandim 0104 @2019, KJN-RA
Koinrakyat.com - Dalam rangka mendukung tugas pokok dan membina fisik personel, Kodim 0104/Atim menggalakkan olahqraga lari. Pembinaan fisik bersifat wajib bagi prajurit TNI ini digelar di seputaran wilayah Makodim 0104/Atim Desa Paya Bujok Seuleumak, Kecamatan Langsa Baro, Kota Langsa. 

Pembinaan fisik sebagai upaya memelihara kemampuan individu tersebut, anggota Kodim 0104/Atim mengikuti lari jalanan, dengan jarak tempuh 7 Km di wilayah Desa Payobujok Seuleumak, yang dipimpin oleh Bintara Tinggi Operasi (Bati Ops) Kodim 0104/Atim Serma Darwin Simanulang.

Saat dikonfirmasi awak Media Center Kodim 0104/Atim, Selasa (30/7), Dandim Letkol Inf Muhammad Iqbal Lubis mengatakan bahwa, lari termasuk olahraga yang bisa dilakukan kapan saja. Selain itu, banyak manfaat lari bagi tubuh kita. Termasuk untuk menurunkan risiko dari segala macam penyakit berbahaya 

Disamping itu, sambung Dandim, dapat memperlancar aliran darah dalam tubuh, ada 5 (Lima) manfaat lari yang sayang untuk dilewatkan antara lain :

1. Mengurangi berat badan. Dimana, olahraga lari dapat memicu pembakaran kalori dalam tubuh kita. Banyaknya kalori yang dibakar dipengaruhi oleh seberapa cepat dan seberapa jauh jarak lari kita, serta berat badan kita.

2. Baik bagi kesehatan lutut. Dengan melakukan olahraga lari dapat memelihara kesehatan lutut, bahkan pada penderita arthritis sekalipun. 

3. Mencegah osteoporosis. Dengan olahraga lari dapat memicu pembentukan sel-sel tulang baru. Hal ini yang membuat tulang kita menjadi lebih kuat dan dapat menurunkan risiko terkena osteoporosis di kemudian hari.

4. Mengurangi risiko jantung koroner. Dimana, berlari lebih dari 16 km per minggu, setidaknya bisa meningkatkan HDL atau kolesterol baik dalam tubuh kita. Manfaat lari lainnya yang bisa kita dapatkan yaitu berkurangnya kadar trigliserida dan lemak dalam tubuh. Dan jika kita bisa meningkatkan jarak lari hingga 80 km per minggu, kita akan mengalami peningkatan HDL yang signifikan.

5. Lari juga dapat memperbaiki suasana hati seseorang yang rutin melakukan olahraga lari, akan merasa hari-harinya lebih baik dan bahagia. Hal ini mampu meningkatkan suasana hati anda berdampak baik pada kualitas hidup Anda. 

"Selain itu, olahraga lari juga dipercaya dapat menurunkan risiko terjadinya depresi, dan masih banyak lagi manfaat lari yang kita dapatkan, kalau kita rutin melaksanakannya," pesan. [KJN-RA]
Komentar Anda

Terima kasih sudah berkomentar di Media Online Mitra Pers. Saran dan kritikan anda akan menjadi acuan untuk kemajuan media ini.

Berita Terkini