Penemuan Senpi Di Aceh Timur, Begini Kronologisnya

Redaktur / Editor author photo
Barang Bukti Senpi Yang Berhasil Diamankan Personil Kodim 0104/Aceh Timur, [KJN-RA]
Koinrakyat.com - Bertempat di ruang kerja Makodim 0104/Aceh Timur, Dandim 0104/Atim Muhammad Iqbal Lubis kembali menerima 2 (dua) pucuk senjata api berupa 1 (satu) pucuk senapan jenis AK-101 dan 1 pucuk Pistol jenis Baretta melalui Danramil 19/Indra Makmur Kapten Arh Syafari Harun dan Anggota Unit Intel Kodim 0104/Atim, Senin (10/12).

Dalam laporannya Danramil 19/Idm menjelaskan kronologis penemuan senpi kepada Dandim 0104/Atim bahwa pada bulan November 2018, Babinsa Koramil 19/Idm yakni Koptu Ridwan melakukan kegiatan gotong royong dengan warga Gampong Jambo Leubok, Kecamatan Indra Makmur, Kabupaten Aceh Timur, yang kebetulan di gampong tersebut terdapat teman semasa kecilnya yakni Muhammad alias Cekmat (39), pekerjaan wiraswasta, warga Gampong Jambo Lubok. Dimana, kurang lebih 10 bulan berdinas di Koramil 19/Idm sebagai Babinsa Gampong Jambo Lubok Koptu Ridwan melaksanakan tugasnya Komsos, ia sempatkan bertemu dengan Cekmat di Gampong Jambo Leubok tersebut.

"Tepatnya tanggal 07 Desember 2018 Koptu Ridwan mendapatkan informasi dari Cekmat, bahwa ada temannya yakni (S) 32 tahun, Wiraswasta, ingin menyerahkan senjata api kepada Koptu Ridwan. Mendengar hal tersebut, Koptu Ridwan melakukan pendalaman tentang informasi senjata api tersebut dan kemudian melaporkan kepada Danramil 19/Idm, yang kemudian berkoordinasi melalui via telepon dengan Dan Unit Intel Kodim 0104/Atim Lettu Inf Syahrial tentang informasi yang dihimpun oleh Babinsanya tersebut," ucap Dandim.

Pada tanggal 08 Desember 2018, Dan Unit beserta 3 (Tiga) orang anggota Unit Intel, bergerak menuju Koramil 19/Idm yang langsung berkoordinasi dangan Danramil 19/Idm. Setelah itu, Danramil beserta Dan Unit Intel membentuk Tim Dpp Serma Erwin Boy Nova bersama 2 (Dua) orang anggota Unit Intel untuk terus melakukan pendekatan intensif kepada Cekmat melalui Koptu Ridwan, yang kemudian menghubungi Cekmat Via Handphone (HP) untuk mengajak ketemu di warung Dapu Kopi yang tidak jauh dari Koramil 19/Idm. Di sana, Koptu Ridwan membujuk Cekmat agar menghubungi (S) untuk datang ke warung kopi tersebut. Namun Handphone berinsial (S) tidak bisa dihubungi.

Lebih lanjut ia mengatakan, "Serma Erwin Boy Nova dan 2 (Dua) orang anggota Unit Intel bersama dengan Koptu Ridwan kembali melakukan pertemuan dengan Cekmat di warung Dapu Kopi tanggal 09 Desember 2018, yang kemudian Cekmat menyampaikan informasi bahwa (S) bersedia menyerahkan senjata api tersebut kepada Koptu Ridwan dengan syarat yang bersangkutan tidak mau datang sendiri menyerahkan senjata karena takut dijebak untuk diproses hukum. Setelah melakukan koordinasi, kemudian Tim mengatur rencana agar (S) mau memberikan senjatanya secara tidak langsung dengan cara meletakan senjata tersebut disuatu tempat yang nantinya bisa diambil oleh Tim," imbuhnya.

Setelah persetujuan tersebut, Cekmat menginformasikan kembali kepada Koptu Ridwan bahwa (S)  sudah meletakkan senjata api tersebut di semak-semak pinggir jalan Gampong Jambo Lubok, tepatnya sebelah kanan dari simpang 4 (empat) yang diberi titik tanda berupa selembar kain warna warni yang tergantung di pohon dengan tingginya ± 170 cm.

Setelah mendapatkan informasi tersebut Danramil 19/Idm , beserta 3 (Tiga) orang anggota Unit Intel Serma Erwin Boy Nova, Sertu Moh Ishak Shodiq, Sertu Ariyanto dan Koptu Ridwan langsung menuju ke lokasi yang dimaksud. Setelah tiba dilokasi tersebut Tim langsung melakukan pengamanan dan mensterilkan sekitar lokasi tersebut, setelah dinyatakan aman dan tidak ada hal yang mencurigakan, selanjutnya Tim melakukan pencarian senjata api tersebut disekitar lokasi. 

Dalam pencarian tersebut sekira pukul 17.00 WIB Serma Erwin Boy Nova menemukan 2 pucuk senjata api jenis AK-101 dan Pistol jenis Baretta, dan 2 (Dua) buah magazen milik (S) yang diletakan di dalam semak-semak  dan tim kembali menuju Koramil 19/Idm untuk melakukan koordinasi penyerahan senjata api tersebut kepada Dandim 0104/Atim.

Senin, 10 Desember 2018 Danramil 19/Idm, Babinsa Ramil 19/Idm dan 3 (Tiga) orang anggota Unit Intel 0104/Atim, menyerahkan senjata api tersebut kepada Dandim 0104/Atim di Makodim 0104/Atim dengan barang bukti yang diperoleh 1 (Satu) pucuk senjata api jenis AK-101, 1 (Satu) pistol jenis Baretta, 2 (Dua) buah magazen, 1 (Satu) tas tali warna hitam, 1 (Satu) lembar kain pembungkus senjata api dan 1 (Satu) lembar kain penanda. [KJN-RA]
Komentar Anda

Terima kasih sudah berkomentar di Media Online Mitra Pers. Saran dan kritikan anda akan menjadi acuan untuk kemajuan media ini.

Berita Terkini