Gempa Bumi Tektonik Mengguncang Kota Takengon

Redaktur Pelaksana author photo
Logo
Koinrakyat.com - Kabupaten Aceh Tengah kembali diguncang gempabumi tektonik. Hasil analisis BMKG, kata Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah I
Edison Kurniawan S.Si M.Si, Kamis (20/12), gempa bumi yang terjadi pada Kamis, 20 Desember 2018, pukul 07.42 Wib, menunjukkan bahwa gempabumi berkekuatan M=4,3 terjadi pada koordinat episenter 4.63 LU dan 96.73 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 12 km arah barat Takengon, Kabupaten Aceh Tengah, pada kedalaman 3 km.

Selain itu, sambung Edison, berdasarkan pantauan di lapangan gempabumi ini dirasakan di daerah Takengon dalam skala intensitas II-III MMI.

"Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, tampak bahwa gempabumi ini termasuk dalam klasifikasi gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal," sebut Edison.

Sambungnya, hingga pukul 08.30 Wib, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock). Serta kepada masyarakat di sekitar wilayah Takengon dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. [KJN-FZ]
Komentar Anda

Berita Terkini